Mengurus visa Schengen

Halo semua…kenalkan saya Iin, saya baru saja membuat visa ke eropa yang kita kenal dengan sebutan Schengen Visa. Lumayan stress juga dalam menyiapkan berkas-berkas untuk kelengkapan pengurusan visa, maklum baru pertama kali untuk buat visa ke eropa.

Tujuan aku ke eropa lebih tepatnya Belanda karena undangan pacar sekalian mewujudkan mimpiku untuk menginjak beberapa negara di eropa… Aku berangkat tanggal 19 agustus nanti tapi aku  ngurus visanya udah jauh-jauh hari takut kalau ditolak pas pertama kali ngajuin permohonan visa aku bisa ada waktu untuk memenuhi perlengkapan berkasnya plus aku rencaa perginya lagi high season jadi pasti slot appointmentnya merah terus. Anyway let’s talk about “documents that you need to prepare” when u wanna apply for schengen visa”.

1. Formulir visa (bisa di download)

2. appointment letter (ini setelah buat janji via online)

3. Passport yang masa berlakunya min 6 bulan sebelum due datenya atau tanggal kadaluarsanya.

4. Foto dengan backround putih ukuran 3,5×4,5 = 2 lembar (waktu itu saya buatnya di kedubes soalnya kelupaan dan ternyata diambil hanya 1 lembar saja oleh petugasnya)

5. Fotokopi KTP, Akte Lahir dan KK

6. Buku tabungan 3 bulan terakhir (karena aku di undang pacar aku yang notabene adalah sponsor aku maka slip gaji dia selama 3 bulan terakhir yang aku tunjukin)

7. Surat undangan yang di cap oleh Gemeente (walikota) tempat pengundang kamu + employement statement si pengundang + Fotokopi ID pengundang.

8. bukti reservasi pesawat kamu + hotel (kalau pergi tanpa sponsor )

9. Fotokopi insuransi perjalanan( aku pakai AXA)

10. surat keterangan pekerjaan atau bukti bahwa kamu punya properti di indonesia atau surat yang menunjukan bahwa kamu punya alasan kuat untuk kembali ke indonesia.

11. buat yang di undang oleh pacarnya (seperti aku) kamu siapin juga print out foto bukti kebersamaan kalian dan 1 lembar surat yang menceritakan awal hubungan kalian sampai tahap sekarang ini (rada kepo seh hahaha)

12. bawa dokumen aslinya buat jaga-jaga aja.

13. Uang visa 60 euro di bayar cash sesuai rate hari itu.

sekali lagi jangan lupa untuk membuat janji secara online via website kedutaan. appointment biasanya dibuka untuk slot 2 minggu kedepan dan mulai bulan juni sudah mulai rame jadi harus ditongkrongin laptop atau komputernya. visa bisa di urus maximal 3 bulan sebelum keberangkatan atau minimal 2 minggu sebelum keberangkatan.

Kalau semua dokumen udah lengkap tinggal datang aja ke kedutaan sesuai dengan tanggal dan jam janjiannya jadi jangan telat yah, tenang aja kita bakal dsambut satpam yang super ramah. sampai di dalam kita lapor ke petugas yang lagi duduk sambil ditemanin satpam untuk di cek apakah dokumen kita sudah lengkap nanti diberi kertas berwarna hijau atau merah untuk urutan dokumennya. Saat tiba waktunya kita akan dipanggil oleh petugasnya diberikan kunci loket untuk meletakan barang kita karena hanya boleh membawa dokumen ke ruangan interviewnya.

Saat tiba diruang interview kita akan diberikan nomor antrian, seperti pas ngantri di bank hehehe. Saat no urut kita disebut kita maju ke loketnya, pede jaya aja walaupun deg-degan gak karuan.

Pertanyaan untuk interviewnya gak muluk-muluk kok, hanya ditanya tujuan kesana, kalau ada yang sponsorin ditanya hubungannya. mau tinggal dimana?

selama dokumen kamu lengkap kamu gak usah kuatir. prosesnya punya hanya memakan waktu sehari.

semoga blog ini bermanfaat, jika ada pertanyaan akan saya usahakan menjawabnya^^

semoga semua seberuntung saya^^

 

 

 

 

 

Leave a comment